Home / Analisa Teknikal / Aksi Profit Taking Masih Membayangi Yen Jepang

Aksi Profit Taking Masih Membayangi Yen Jepang

Pada perdagangan sesi hari ini, mata uang safe haven seperti Yen Jepang terpantau mengalami penguatan terhadap sejumlah mata uang unggulan, pasca penangkapan petinggi Huawei di Kanada. Hal tersebut dianggap bisa memicu ketegangan perdagangan antara Amerika dan China.

Meng Wanzhou yang menjabat sebagai CFO Huawei, ditangkap karena dianggap sudah melanggar sanski Amerika Serikat dan diberitakan terancam diekstradisi ke Amerika. Di sisi lain, China menanggapi penangkapan tersebut dengan tuntutan agar Meng Wanzhou segera di bebaskan.

Penangkapan tersebut dikhawatirkan akan memicu kembali ketegangan yang terjadi antara Amerika dan China. Mengingat sebelumnya, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah sepakat untuk melakukan gencatan konflik perdagangan selama 90 hari

Kemungkinan akan adanya kembali tensi perang dagang AS ini tidak serta merta menguatkan Yen sebagai mata uang safe haven. Walau demikian, perlu di waspadai juga Yen masih dibayangi pelemahan dalam beberapa waktu kedepan akibat akan adanya aksi profit taking yang dilakukan oleh investor. Sehingga sentimen bullish untuk JPY hanya berlaku untuk jangka pendek saja.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*