Home / Analisa Fundamental / Analisa Fundamental – Yen Menguat, Tidak Menghiraukan Komentar Kuroda

Analisa Fundamental – Yen Menguat, Tidak Menghiraukan Komentar Kuroda

Haruhiko Kuroda, gubernur bank sentral Jepang berada di hari ini, Rabu (12/10/16) menyebutkan bahwa dirinya siap untuk kembali memutuskan untuk melonggarkan kebijakan jika memang di butuhkan, termasuk menyokong tingkat suku bunga lebih dalam lagi ke area negatif, demi mendongkrak ekonomi yang lesu dan memicu adanya laju inflasi.

Kuroda menyebutkan berada di depan komite, dimana pembelian obligasi pemerintah oleh BOJ kemungkinan bisa berfluktuasi sekitaran 80  triliyun yen atau setara dengan 778 milyar dollar akan tetapi menekankan bahwa BOJ bakal terus melakukan pembelian obligasi dalam jumlah besar demi memberikan pengaruh yield curve.

“Kami siap bakal kembali untuk melonggarkan kebijakan, termasuk untuk memotong tingkat suku bunga, jika di nilai manfaat melebihi biasa,” terang Kuroda.

Dirinya untuk hari Rabu ini bakal kembali memberikan keterangan bahwa BOJ nantinya bisa pertahankan tingkat laju pembelia obligasi pemerintah saat ini dan pembelian bakal tetap dalam jumlah besar ada di bawah kerangka kerja kebijakan baru yang dia miliki.

Yen yang menanggapi dengan penuatan ada di kisaran 103.45 melawan Greenback, penguatan ini telah abaikan sinyal dari pelonggaran lebih lanjut Kuroda setelah sempat naik ada di tingkat 104.00 untuk sesi sebelumnya.

Adapun dukungan yang lain dari Yen telah datang dari pesanan mesin dari Jepang yang dimana telah menunjukkan penurunan 2,2% untuk Agustus.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*