Home / Harga Mata Uang Asing / BBM Naik Kurs Dollar justru Menguat

BBM Naik Kurs Dollar justru Menguat

krus_dollar_kepada_rupiahPengumuman kenaikan BBM kemarin nampaknya membuat pasar uang Indonesia masih mengalami depresiasi, pasalnya Nilai Tukar Rupiah terhadap kurs dollar justru semakin menguat. Adanya data perbaikan ekonomi Amerika Serikat membuat adanya pelemahan pada nilai Rupiah, tidak hanya terjadi pada Rupiah, mata uang utama lainnya juga mengalami pelemahan.

Pada Kamis kemarin Kurs JISDOR mencatatkan pelemahan Rupiah pada angka Rp 12.161 per dolar AS. Rupiah dinilai mengalami penurunan sebanyak 37 poin dari Rp12.124 per dolarnya sebelumnya. Menurut Bloomberg kemarin Rupiah mengalami penurunan sebesar 0,22% ke angka Rp 12.168 pada pukul 10:38. Sebelumnya pada sesi pembukaan tercatat pada Rp 12.134 per dolar AS.

Namun pada siang hari, kurs Rupiah terus melanjutkan pelemahan dan berada pada kisaran 12.344 hingga 12.177 per 1 dolarnya.

Rupiah masih mengalami penguatan 2 hari sebelum adanya pengumuman kenaikan harga Bahan Bakar Minyak bersubsidi. Selain itu sentimen positif Rupiah juga berhasil didapatkan dari adanya kenaikan suku bunga BI Rate yang dinaikkan menjadi 7,75% sehingga Rupiah mengalami apresiasi. Namun akhirnya Rupiah mengalami pelemahan setelah adanya pengaruh sentimen dari pengaruh penguatan kurs dollar. Selain itu data ekonomi China yang masih terpuruk juga ikut menjadi faktor pelemahan Rupiah.

Kalangan analis menilai pergerakan Rupiah terhadap Kurs Dollar sampai akhir pekan ini masih didominasi dengan angka Rp12.110 per dolarnya.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*