Home / Analisa Fundamental / Carney : BOE Waspadai Terhadap Perlambatan Konsumsi Di Tahun Ini

Carney : BOE Waspadai Terhadap Perlambatan Konsumsi Di Tahun Ini

Konsumsi masyarakat Inggris tetap saja kuat semenjak Referendum, namun masih akan dihadang oleh gejolak tahun ini, ungkap Mark Carney selaku Gubernur BoE dalam pidatonya, Selasa (17/1/2017) dini hari tadi di London School of Ekonomic.

Para Konsumen terlihat tidak peduli tentang ketidakpastian mengikuti referendum (Brexit). Akan tetapi, Mark Carney telah mengingatkan kembali bila belanja konsumen bisa terpukul yang diakibatkan kenaikan harga yang disebabkan pelemahan Sterling.

Carney juga membahas perihal pertumbuhan utang masyarakat. Dalam setahun sampai November, jumlah total pinjaman warga Inggris mengalami peningkatan hingga 4%, dan sementara itu Consumen Credit telah meningkat lebih dari 10%, pertumbuhan tersebut lebih cepat semenjak 2005.

Makin hari, Negara Inggris telah mengandalkan belanja konsumen dalam pertumbuhan perekonomiannya, dibanding dengan mengandalkan bidang ekspor dan juga investasi. Menurut Mantan Gubernur Bank Sentral Kanada tersebut, Hal itu merupakan indikasi buruk untuk masa depan ekonomi Inggris.

Pada Minggu ketiga di tahun 2017 ini, Pondsterling telah menurun terhadap semua mata uang utama dunia, pasar lebih mengantisipasi dari pidato PM Theresa May yang akan disampaikan hari ini, dan diperkirakan akan makin mengindikasi terhadap pendekatan “Hard Brexit” terhadap negosiasi dengan Uni Eropa.

“Inggris kini sedang masuk dalam periode pelonjakan inflasi yang masih sedang,” jelas Mark Carney. Dari itu hasilnya tingkat suku bunga Inggris kedepan akan dapat diatur untuk naik maupun turun. Carney juga menambahkan, “kebijakan keuangan dapat memberika respon arah kemanapun dalam mengubah outlook ekonomi, terkait dengan target dari inflasi sebanyak 2% yang sudah hampir tercapai.”

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*