Home / Harga Mata Uang Asing / Direktur IMF dan Menkeu Yunani bertemu di Paris

Direktur IMF dan Menkeu Yunani bertemu di Paris

direktur-lagarde_imfDirektur Dana Moneter Internasional Christine Lagarde dan Menteri Keuangan Yunani Yannis Stournaras mengadakan pembicaraan tertutup di Paris pada Selasa, di tengah spekulasi tentang rencana bantuan baru untuk Athena, IMF mengakui Kamis.

Pertemuan “berlangsung di Paris … Selasa dengan Ny. Lagarde dan Menteri Keuangan Tn. Stournaras,” kata Gerry Rice, juru bicara Dana Moneter Internasional.

Kepala misi IMF untuk dana talangan (bailout), Poul Thomsen, juga menghadiri pertemuan tersebut, katanya.

“Diskusi sedang berjalan ke depan untuk Yunani dan masalah suku bunga umum,” kata Rice, tanpa memberikan rincian, demikian seperti dilaporkan AFP.

Pekan lalu, IMF merilis bantuan 4,6 miliar dolar AS untuk Yunani setelah selama setahun ditunda guna memastikan Athena memenuhi target yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman dana talangan.

IMF mengatakan pada saat ini pemerintah Yunani telah melebihi target dalam menutup kesenjangan anggarannya, tetapi memperingatkan tantangan yang dihadapi negara dalam menstabilkan keuangan sepenuhnya dan kembali ke pertumbuhan yang berkelanjutan.

Rice membingkai keterlambatan dalam pencairan dana bantuan sebagai “masalah proses internal” yang tidak biasa, dan mengatakan tidak ada keterkaitan terhadap pertemuan Lagarde dengan menteri Yunani.

“Ini tidak biasa bagi manajemen untuk bertemu dengan … menteri keuangan dari waktu ke waktu,” katanya. “Kami tidak berkomunikasi pada semua pertemuan pribadi.”

Laporan staf IMF tentang Yunani akan dipublikasikan dalam beberapa hari mendatang, ujarnya.

Pertemuan Lagarde dilakukan tak lama setelah Jerman, ekonomi terbesar Eropa, mengangkat prospek paket penyelamatan ketiga untuk negara zona euro yang sedang kesulitan itu.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Minggu bahwa “ada kemungkinan bahwa Yunani mungkin memerlukan bantuan lebih lanjut, dalam jumlah terbatas.”

Dana-dana IMF merupakan bagian dari paket gabungan empat tahun dengan Uni Eropa yang ditetapkan pada Maret 2012 senilai 235 miliar dolar AS (173 miliar euro) untuk menyelamatkan ekonomi Yunani yang jatuh ke dalam resesi.

Rice, ditanya tentang prospek bantuan lebih banyak kepada Yunani, mengatakan pemberi pinjaman krisis global fokuskan pada program saat ini yang berjalan hingga awal 2016.

Tinjauan IMF berikutnya atas kinerja Yunani di bawah program pinjaman diharapkan akan selesai “setelah musim panas,” kata dia.

Penyelamatan Eropa akan selesai pada akhir tahun ini, namun para pejabat mengatakan mereka siap untuk mengambil langkah-langkah tambahan guna membantu meringankan Yunani beban utang, yang saat ini mewakili sekitar 175 persen dari ekonominya.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*