Home / Analisa Fundamental / Ekpektasi Kenaikan The Fed Berlanjut, GBP/USD Belum Bisa Bangkit

Ekpektasi Kenaikan The Fed Berlanjut, GBP/USD Belum Bisa Bangkit

Pasangan mata uang yang diperdagangkan GBP/USD mengalami kegagalan yang sangat jauh dari harapan, hal itu terlihat kesulitan menembus kembali pada level 1,25 dalam perdagangan sesi Asia hari ini, Senin (19/12/2016). Hal itu disebabkan pelaku pasar masih mencemaskan dengan ekpektasi kenaikan berlanjut dari suku bunga bank sentral AS yang bisa saja lebih cepat dari perkiraan.

Sejak berita ini ditulis, pasangan GBP/USD mengalami penurunanan sebanyak 8 pips dari penutupan sesi perdagangan Minggu lalu dan diperdagangkan pada harga 1.2479 siang ini. Pelaku pasar masih mengkhawatirkan akan kenaikan tingkat suku bunga lanjutan dari bank sentral AS yang berhasil membawa dollar naik ke puncak tertinggi 14 tahun. Adanya ekpektasi dari kenaikan lanjutan The Fed muncul akibat pejabat The Fed memberikan pernyataan Hawkish pasca FOMC minggu lalu.

“ bahwa bank Sentral AS harus juga mempertimbangkan neraca perdagangan yang mengalami penyusutan dan mungkin akan menaikkan suku bunga The Fed lebih dari sekali lagi nanti di tahun mendatang 2017,” jelas James Bullard selaku Presiden Bank Sentral AS Negara bagian St.Louis kepada WSJ.

Sebelumnya pada awal tahun ini (2017) James Bullard meyakini hanya ada satu kali lagi kenaikkan tingkat suku bunga The Fed pada tahun depan. Dan sementara itu pernyataan serupa dilontarkan oleh salah satu presiden The Fed Richmond Jeffrey Lacker yang mengungkapkan bahwa mungkin di tahun depan mendatang akan ada kenaikkan suku bungan bank sentral AS sebanyak tiga kali.

Dalam note The Fed yang tengah dirilis minggu lalu, memperlihatkan bahwa para pembuat kebijakan moneter melihat ruang lingkup untuk menaikkan tiga kali kenaikkan tingkat suku bunganya tahun 2017 mendatang.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*