Home / Analisa Teknikal / GDP Merosot, AUD/USD Juga Menurun

GDP Merosot, AUD/USD Juga Menurun

Ekonomi Aussie terkontraksi dalam jumlah tertinggi delapan tahun pada kuartal ke 3 lalu. Menurunnya belanja kontruksi adalah penyebab dari penurunan sebanyak 0.5 sen dolar Amerika Serikat. AUD/USD dibeli dengan harga 0.7430, mengalami kemrosotan sebanyak 0.5% dari harga sebelumnya pada harga 0.7467.

Dalam data GDP (Produk Domestik Bruto) yang dirilis hari ini oleh biro Statistik Australia (07/12/2016), melaporkan bahwa telah terjadi kemrosotan sebanyak 0.5% dari kuartal sebelumnya. Pada kuartal sebelumnya memperlihatkan terjadi kenaikan 0.6%. yang kedua dari laporan terssebut menjelaskan hasil GDP terakhir ini adalah yang terburuk sejak krisis financial global yang melanda banyak Negara pada tahun 2008, serta jauh dari estimasi ekonom yang memperkirakan penurunan hanya 0.1%. Dan yang terakhir disebutkan adalah perekonomian tumbuh hanya 1.8% dari tahun sebelumnya, berbeda dengan perkiraan yang telah mempridiksi perolehan sebanyak 2.2%.

Laporan GDP tersebut telah mencakup saat periode pemilu Australia yang telah memenangkan kembali Malcolm Turnbull menjadi Perdana Menteri. Dibawah pemerintahan PM Malcolm Turnbull secara keleseluruhan kondisi perkonomian Negara Kanguru tersebut telah mengurangi anggaran belanja pemerintan, dan terlebih lagi gagalnya ekspor SDA dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Lambannya pertumbuhan ekonomi tahunan bisa dikatakan dramtis sebanyak 3.1 %pada kuartal kedua, hal itu khusus saat Kemenkeu Australia memperkirakan potensi ekonomi berada pada kisaran 2.75%. Terkait itu ternyata, prediksi RBA (Bank Sentra Australia) sepakat dengan perkiraan kemenkeu tersebut.

“Kami tetap yakin bila laporan data kali ini hanya kondisi buruk yang sempurna, terlebih lagi seharusnya kita belum waktunya untuk membahas perihal resesi teknis dari pada resesi, alangkah baiknya dulu membicarakan tentang rebound dan seperti apa nantinya di kuartal 4,” jelas Kepala Asia-Pasific Research, Annette Beacher, di TD Securities Ltd. Saat dilansir dari Bloomberg.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*