Home / Analisa Teknikal / Investasi Mata Uang Asing

Investasi Mata Uang Asing

Investasi ForexSemua orang pasti ingin memiliki kesehatan finansial yang terjamin. Salah satu cara efektif agar hal ini bisa terjadi adalah dengan melakukan investasi. Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui investasi seperti reksadana, emas, saham dan sebagainya. Namun sebenarnya, ada jenis investasi lain yang juga cukup menguntungkan. Investasi ini berkerja dengan menggunakan mata uang selain rupiah atau disebut juga valas asing. Sistem kerja investasi ini adalah Anda bisa mendapatkan nilai rupiah yang lebih banyak saat mata uang asing mengalami penguatan terhadap rupiah.

Contoh yang paling sederhana dari investasi ini adalah saat Anda membeli dolar as sejumlah $1.000. Saat itu, Anda membeli dolar tersebut seharga misalnya Rp 9.688.000. Agar Anda bisa mendapat keuntungan, maka Anda harus menjual dolar tersebut saat mata uang dolar mengalami penguatan terhadap rupiah. Misal terjadi fluktuasi dan nilai 1 dolar menjadi Rp 10.000. Pada saat itu, $1.000 yang Anda miliki akan senilai dengan Rp 10 juta. Anda bisa mendapat keuntungan sebesar Rp 312.000.

Namun ingat bahwa nilai valuta asing bisa mengalami peningkatan karena terdapat faktor pemicu. Faktor ini bisa berasal dari naiknya permintaan akan valuta asing tersebut di pasar global. Hal ini tentu saja dipengaruhi dari banyaknya pihak, seperti perusahaan , eksportir atau bank yang menggunakan mata uang tersebut. Jadi, nilai mata uang asing yang Anda miliki bisa saja tidak bertambah untuk waktu yang lama.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*