Home / Ekonomi Bisnis / Japanese Bankers Assn (JBA) Resmi Mengadopsi Platform Blockchain Fujitsu

Japanese Bankers Assn (JBA) Resmi Mengadopsi Platform Blockchain Fujitsu

Perusahaan yang bergerak di bidang IT Fujitsu mengumumkan jika Japanese Bankers Association (JBA) resmi akan menggunakan platform blockchain yang berbasis layanan cloud-nya. JBA berencana untuk menawarkan platform blockchain kepada bank anggota dan institusi lainnya pada bulan Oktober mendatang.

JBA yang merupakan sebuah organisasi keuangan yang aggotanya terdiri dari Bank, perusahaan holding bank dan asosiasi Bankir di Jepang yang mengoprasikan sistem antar bank dinegara tersebut. organisasi ini memiliki 120 bank anggota penuh, 3 bank holding companies dan 58 asosiasi bankir. Ada juga anggota dari bank asing.

Sejak tahun 2016, JBA sudah mengelola “”Komite Peninjau Kepatuhan untuk Tanggung Jawab dan Tantangan Penggunaan Teknologi Blockchain”” dari konsorsium dan telah melakukan inisiatif terkait blockchain. Sebagai bentuk dari inisiatif tersebut, JBA telah membentuk Collaborative Blockchain Platform, layanan Cloud yang berada diatas platform cloud Fujitsu, K5 dan didukung oleh Hyperledger Fabric, salah satu kerangka kerja blockchain yang diselenggarakan oleh The Linux Foundation.

Nantinya asosiasi tersebut akan menyediakan platform kepada bank anggota dan institusi lainnya sebagai tahap uji coba untuk aplikasi yang menggunakan teknologi blockchain, seperti untuk layanan pengiriman uang dan transfer, otentikasi identitas dan waktu transaksi. JBA sangat mendukung upaya penerapan platform praktis aplikasi ini.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*