Home / Investasi / Membeli Reksadana Di Bank Atau Manajer Investasi?

Membeli Reksadana Di Bank Atau Manajer Investasi?

Reksadana melalui manajer investasiReksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang semakin diminati masyarakat belakangan ini. Banyaknya peminat reksadana salah satunya dikarenakan investasi awal reksadana yang relatif kecil, memiliki resiko yang kecil, serta keuntungan yang ditawarkan pun cukup menjanjikan. Namun walaupun demikian, bagi sebagian orang, masih banyak yang bingung untuk memulai investasi reksadana. Kebanyakan dari mereka umumnya bingung apakah lebih baik membeli reksadana di bank atau kepada Manajer Investasi.

Pada dasarnya membeli reksadana di bank atau melalui manajer investasi sama saja. Tapi tetap saja terdapat kelebihan dan kekurangan antar keduanya. Membeli reksadana melalui manajer investasi memiliki keunggulan, yaitu dari segi keamanannya lebih terjamin, karena reksadana adalah produk yang dikeluarkan langsung oleh manajer investasi. Sedangkan bank pada dasarnya hanyalah agen perantara penjualan. Selain itu, informasi produk reksadana lebih lengkap. Negoisasi pembelian pun dapat dilakukan apabiala investasi yang dilakukan dalam jumlah besar ataupun jangka panjang.

Kelemahan dari membeli reksadana kepada Manajer Investasi adalah tidak semua daerah terdapat manajer investasi. Cabang manajer investasi relatif terbatas, dan umumnya terpusat di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya. Variasi produk reksadana yang ditawarkan terbatas hanya pada produk-produk yang dikeluarkan.

Sedangkan apabila membeli produk reksadana di bank terbilang lebih mudah, karena bank memiliki banyak cabang dan tersebar sampai ke pelosok daerah. Produk reksadana yang ditawarkan pun bervariasi, karena pada umumya bank menjual berbagai produk reksadana yang ditawarkan berbagai Manajer Investasi. Selain itu apabila ingin melakukan pemindahan investasi lebih mudah karena di bank sudah tersedia berbagai produk dari berbagai manajer investasi.

Kelemahan membeli reksadana melalui bank adalah informasi tentang berbagai produk investasi umumnya terbatas karena bank hanya berfungsi sebagai agen penjualan. Keamanan investasi tidak cukup terjamin karena tetap ada kemungkinan penyalah gunaan. Dan ada beberapa produk investasi yang tidak ditawarkan oleh manajer investasi melalui bank, dan umumnya merupakan produk-produk unggulan manajer investasi.

Manakah yang lebih baik? Keduanya baik, namun lebihnya tergantung pada kepercayaan anda dan produk reksadana apa yang anda pilih. Semoga bermanfaat.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*