Home / Analisa Fundamental / Payroll Amerika Mendorong Emas, Dolar Serta Perak Mengalami Pelemahan

Payroll Amerika Mendorong Emas, Dolar Serta Perak Mengalami Pelemahan

Gerakan dari harga emas Comex terlihat melemah pada perdagangan hari yang ke-2, Jumat, 4 November 2016, sejalan dengan menguatnya dolar jelang rilis data payroll Amerika Serikat. Akan tetapi, pergeserannya bersiap menuju peningkatan mingguan nyaris 2% pada saat minat sejumlah investor bagi aset safe haven tetap tampak utuh lantaran adanya beberapa tanda ketidakpastian pada agenda Pemilu Presiden Amerika Serikat nanti.

Harga emas Comex untuk Desember mengalami penurunan 0,13% atau setara 1,70 poin menuju US$1.301,60 / ounce pada jam 15.13 WIB, usai dibuka dengan penurunan 0,01% atau setara dengan 0,10 poin pada posisi 1.303,20 / ounce.

Pada hari yang sama, indeks dari dolar Amerika Serikat yang menjadi tolak ukur pergerakan kurs dari dolar Amerika Serikat pada beberapa mata uang utama mengalami peningkatan 0,03% atau 0,033 poin menuju level 97.190 usai dibuka dengan sedikit peningkatan pada posisi 97.189.

Sejumlah ekonom yang berasal dari survey Reuters memperkirakan kenaikan data dari kepegawaian sekitar 175.000 selama Oktober dari total 156.000 di bulan September.

Penguatan data kepegawaian sangat diharapkan mampu memberikan dorongan terhadap langkah kenaikan dari suku bunga Amerika Serikat pada Bulan Desember nanti, yang serta merta akan meningkatkan imbal hasil Amerika Serikat jauh lebih tinggi serta dapat menopang pergerakan dari green back.

“Pasar memiliki kecenderungan untuk menyambut penguatanya laporan payroll lewat respon secara langsung serta memberikan penawaran bagi dolar yang bernilai lebih tinggi.”ungkap ahli strategi senior FX IG Securities, Junichi Ishikawa.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*