Home / Ekonomi Bisnis / PEGAS Memulai Indeks Spot Market Baru

PEGAS Memulai Indeks Spot Market Baru

PEGAS, platform perdagangan gas Eropa yang dioperasikan oleh Powernext, mengumumkan pengenalan terhadap European Gas Spot Market Index (EGSI) pada tanggal 5 September untuk menanggapi kebutuhan pelaku pasar. Indeks tersebut akan mencakup semua pasar spot gas cair yang dioperasikan oleh PEGAS. Seiring dengan diluncurkannya EGSI, PEGAS juga akan menyelaraskan penggunaan indeks yang ada untuk pasar berjangka.

Pengenalan EGSI akan memungkinkan pelaku pasar untuk lebih memahami perkembangan harga jangka pendek dalam kontrak mereka. Sebagai hasil dari pembukaan dan liberalisasi pasar Gas Eropa, pentingnya harga transparan yang ditentukan pada bursa yang diawasi semakin meningkat. Penggantian harga yang diinduksi minyak oleh harga gas-hub adalah bukti kepercayaan sektor energi terhadap mekanisme penetapan harga berbasis pasar. Dengan menyediakan indeks harga yang handal dan transparan, PEGAS lebih jauh memfasilitasi pengembangan ini.

Mulai tanggal 5 September 2017, European Gas Spot Index akan dihitung dan diterbitkan oleh PEGAS untuk pasar gas Jerman (GASPOOL dan NCG), Belanda (TTF), Perancis (PEG Nord dan TRS), Belgia (ZTP) serta Austria (CEGH) dan Denmark (ETF). Nilai indeks akan dihitung untuk setiap hari kalender dan akhir pekan dengan pertimbangan perdagangan harian dan akhir pekan akan dilaksanakan selama jam kerja (jam 8 pagi hingga 6 sore) pada dari perdagangan terakhir sebelum pengiriman.

“Pengenalan EGSI saat ini memungkinkan pelaku pasar untuk melacak perkembangan harga juga untuk pengiriman gas jangka pendek dalam portofolio perdagangan dan kontrak mereka sendiri berdasarkan perdagangan pertukaran yang transparan, diawasi dan dapat diandalkan,” kata Dr. Egbert Laege, CEO Powernext.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*