Home / Ekonomi Bisnis / Pengaruh Rupiah Terhadap Harga Barang Elektronik

Pengaruh Rupiah Terhadap Harga Barang Elektronik

Para pedagang barang-barang elektronik nampaknya mulai was-was dengan nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS yang kini sudah menembus level 14.000.Salah satu dampak yang langsung terasa adalah kenaikan harga barang impor seperti barang elektronik.

Jika nilai tukar rupiah terus merosot. Bisa dipastikan seluruh harga elektronik akan mengalami kenaikan harga, dikarenakan harga bahan baku elektronik yang diimpor. Hal itu akan berimbas pada menurun drastisnya penjualan barang elektronik.

pelemahan rupiah terhadap dolar AS membuat pelaku industri elektronik nasional semakin terpukul. Dengan demikian.akan mengalami kenaikan biaya produksi dalam rupiah, sehingga harga produk perlu naik. lalu seberapa besar kenaikannya tergantung kekuatan daya beli masyarakat. Seharusnya, kenaikan harga akibat kenaikan biaya produksi akibat pelemahan rupiah terhadap dolar AS tidak terlalu signifikan, dampak terbesarnya adalah dengan biaya hidup naik, maka niat belanja produk sekunder dan tertier akan turun drastis. Karena konsumen mengamankan posisi keuanganya dengan berhemat.

Untuk membuat mereka mau membeli lagi memerlukan insentif tinggi, terjadi kelesuan pasar. Keadaan ini yang mengkhawatirkan industri karena permintaan barang akan turun signifikan. Karena, melemahnya nilai tukar rupiah tak hanya berdampak pada melonjaknya harga kebutuhan hidup. Tetapi, berdampak juga kepada pengusaha-pengusaha produk elektronik.

akibat daya beli masyarakat melemah sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat. Tercatat pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya sekitar 4,7 persen pada semester I 2015. dalam kurs JISDOR.rupiah berada di kisaran 13.998 per dolar AS. Dolar AS makin menguat terhadap rupiah. Dengan naik 103 poin dari level rupiah 13.895 per dolar AS pada Jumat 21 Agustus 2015 menjadi 13.998 per dolar AS.

MFX OPTIONS
Located at

St. Petersburg, Telezhnaya st., bld. 19,
St. Petersburg (Rusia),
RUSIA.


Phone: 206-555-1234
http://www.mfxoptions.com/id/

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*