Home / Ekonomi Bisnis / Penyerapan Dari APBD 2016 Masih Belum Dapat Berjalan Dengan Cepat

Penyerapan Dari APBD 2016 Masih Belum Dapat Berjalan Dengan Cepat

Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Bekasi mengakui jika penyerapan anggaran di tahun 2016 masih belum bisa maksimal. Karena, penyerapan pada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) masih belum bisa memenuhi target sehingga APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) 2016 belum secara penuh dapat dirasakan oleh para warga di Bekasi.

“Sampai mendekati tengah Bulan Desember 2016, capaian dari target masih menyentuh angka 63% dari total SKPD”ungkap Gatot Purnomo selaku Kabid Pembendaharaan, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah atau DPKAD, Selasa, 13 Desember 2016.

Dia juga mengatakan seandainya dipersentasekan realisasi dari anggaran yang telah dapat diserap sampai akhir November 2016 yaitu senilai Rp. 3,5 T dari APBD Kab. Bekasi pada tahun 2016 yang menyentuh angka Rp. 5,4 T. “Belum di level 80%, masih 63% terhitung sejak November 2016 lalu.”

Dia beranggapan, penyerapan anggaran senilai Rp. 3,5 T itu mencakup seluruh kegiatan di mulai dari sektor pembangunan infrastruktur serta pengadaan barang dan jasa langsung atau tidak langsung, gaji dari para pegawai serta program pelayanan untuk masyarakat.

Sedangkan Rp. 1,5 T memang dapat diserap untuk sejumlah kegiatan, selanjutnya sisanya adalah untuk pengadaan barang jasa serta pembangunan infrastruktur yang lain. Contohnya, penyerapan fisik guna infrastruktur pada Dinas Bina Marga serta Pengelolaan Sumber Daya Air yang sampai saat ini masih terus berjalan.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*