Home / Analisa Teknikal / Pergerakan IHSG Rawan Aksi Profit Taking

Pergerakan IHSG Rawan Aksi Profit Taking

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih dapat melanjutkan penguatan. Pada perdagangan hari ini, IHSG diperkirakan akan berada pada rentang support 4.378-4.496 dan resisten 4.478-4.486.

Namun, Kepala Riset dari PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, kenaikan IHSG belakangan ini lebih cepat dibandingkan dengan laju penguatan Rupiah. Saat ini kenaikan IHSG sudah mencetak rekor tertingginya dalam 1 bulan terakhir, sementara Rupiah masih sama nilainya dengan di awal bulan September lalu.

Hal ini mengindikasikan bahwa jika korelasi yang sama masih akan terus berlanjut, IHSG kemungkinan masih akan terkoreksi terlebih dahulu dalam jangka pendek sehingga dapat kembali bergerak selaras dengan nilai tukar Rupiah,” tutur Reza dalam risetnya, Rabu (7/10/2015).

Meski IHSG terlihat terus menghijau, namun Reza menyarankan agar tetap berhati-hati. Menurutnya penguatan ini hanya bersifat sementara, karena saat ini rawan aksi profit taking. Pasalnya, penguatan yang terjadi dalam dua hari terakhir secara total persentase telah mengalami kenaikan lebih dari 5 persen. Sehingga wajar jika ada pelaku pasar yang memanfaatkan untuk take profit.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*