Home / Ekonomi Bisnis / Rintihan Rupiah terhadap Dollar
Harga Rupiah Terhadap Dollar

Rintihan Rupiah terhadap Dollar

Dalam perdagangan hari Senin pagi ini, Rupiah masih terus ‘merintih’ terhadap mata uang Dollar. Dimana pada saat pembukaan ini Rupiah masih mengalami kenaikan dimana Rupiah mengalami penurunan yang disebabkan oleh para investor yang yang berusaha melakukan rebound teknikal dimana saat ini para investor juga terhalang oleh aktifitas Dollar yang saat ini justru masih mengalami penguatan . Pada hari ini saja indeks pergerakan dollar AS masih mengalami kenaikan yang tinggi dibandingkan dengan perdagangan minggu kemarin dimana saat ini indeks dollar sendiri mengalami pergerakan yang terus berkonsolidasi ke level yang paling rendah pada satu bulan terakhir ini.

Rupiah sendiri pekan lalu sempat terpuruk anjlok hingga mencapai posisi paling rendah sejak krisis moneter tahun 1998 lalu. Mata uang ini terhantam oleh lesunya bursa saham. IHSG pekan lalu sempat mencapai posisi terendah dalam satu tahun belakangan dan hari ini terpantau masih bergerak dalam sentiment negatif. Kondisi-kondisi di atas membuat rupiah sulit untuk segera keluar dari teritori negatif. Hari ini rupiah hanya mengalami peningkatan tipis. Mata uang ini dibuka pada posisi 13.330,00 per dollar AS. Mata uang lokal tersebut mengalami peningkatan lumayan dibandingkan posisi penutupan perdagangan Jumat sore yang ada di level 13.335,00 per dollar. Rupiah bukukan kenaikan sedikit saja yaitu sebesar 5,00 poin atau setara dengan 0,04 persen.  Saat ini rupiah masih berada di teritori positif meskipun sudah melemah dari posisi pembukaan. Rupiah saat ini berada di level 13.334,00 per dollar.

Ada perkiraan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini berpotensi untuk kembali masuk di teritori negatif. Kinerja bursa saham lokal yang masih rentan terkena tekanan jual membuat mata uang cukup sulit untuk mempertahankan kenaikannya. Mata uang rupiah hari ini berpotensi mengetes level support pada posisi 13.350 dan 13.400 per dollar AS pada perdagangan hari ini. Sedangkan level resistance harian yang akan dites ada pada 13.250 dan 13.200 per dollar.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*