Home / Ekonomi Bisnis / Rupiah Masih Dalam Tren Positif Dalam Pekan Ini

Rupiah Masih Dalam Tren Positif Dalam Pekan Ini

Pada pembukaan perdagangan di pasar spot, nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat (AS) mengalami penguatan 0.2% ke di angka Rp 13.303 per dollar As. sementara itu di kurs tengah BI, Rupiah terlihat melonjak naik 0.15% menjadi 13.319. rupiah berhasil memanfaatkan pelemahan dollar AS. terlihat mata uang Amerika tersebut mengalami pelemahan terhadap sejumlah mata uang unggulan di Eropa.

Sejatinya, penguatan rupiah masih didukung oleh data neraca perdagangan April 2017 yang masih sangat positif walaupun data pertumbuhan ekspor dan impor tidak sesuai harapan. Namun Indonesia masih sukses mencatatkan surplus 1,24 miliar USD, nilai ekspor sebesar 13,17 miliar USD dan nilai impor sebesar 11.93 miliar USD.

Sementara itu, sentimen global pun masih cukup minim. Sehingga tidak terlalu memberikan pengaruh terhadap laju rupiah di pasar spot. Sementara itu, dalam waktu dekat Amerika akan merilis data ekonomi perumahan AS yang diprediksi akan positif dan akan membuat rupiah memiliki potensi untuk koreksi.

Rupiah masih dibalut tren positif dan berpotensi menguat. Namun penguatan rupiah bergantung pada rapat dewan gubernur Bank Indonesia (BI). Jika dalam rapat tersebut BI akan tetap mempertahankan suku bunga acuan di angka 4,75% maka lajur rupiah masih akan positif. Diperkirakan rupiah masih akan bergerak di kisaran Rp 13.270-Rp 13.325

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*