Home / Ekonomi Bisnis / Rupiah Masih Terombang Ambing
Pergerakan Rupiah Hari Ini

Rupiah Masih Terombang Ambing

Pergerakan Rupiah kali ini akan kembali diuji pada perdagangan hari ini. Kondisi Rupiah saat ini juga masih terpengaruh akan adanya volatilitas indeks pergerakan dollar AS, dan juga dengan adanya pertemuan The Fed pada pekan ini yang turut mempengaruhi pergerakan Rupiah. Dalam perdagangan pasar spot kali ini, Rupiah diperkirakan masih akan turun terhadap Dollar. Melalui data Bloomberg sendiri yang dipublish sampai 9 pagi ini, Rupiah sendiri masih berada pada kisaran Rp 13.335 per dollarnya, jika dibandingkan dengan perdagangan pada hari kemarin yang mencapai Rp 13.326. Dalam pertemuan FOMC kali ini akan diawali pada Selasa malam dan berakhir pada hari Kamis waktu dini hari. Keputusan FOMC sendiri dinilai akan menghasilkan keputusan kenaikan suku bunga yang terjadi di bulan Juni nanti yang sudah lama hilang konfirmasinya dikarenakan melemahnya data ekonomi Amerika Serikat yang sudah dirilis dini hari tadi.

Jajak pendapat oleh reuters juga menunjukkan semakin banyak ekonom AS yang percaya bahwa kenaikan suku bunga the Fed tidak akan terjadi di Juni. Indeks dollar AS turun bersama dengan imbal hasil US Treasury merespon situasi tersebut. Ditunggu housing dan building permits AS nanti malam di mana diperkirakan memburuk.

Rupiah berhasil menguat hingga Senin sore walaupun terlihat dollar AS menguat di Asia bersamaan dengan aksi jual di pasar saham. Surplus neraca perdagangan Mei yang melebar menaikkan optimisme terhadap kondisi likuiditas dollar AS di dalam negeri akan tetapi surplus yang lebih disebabkan oleh anjloknya impor dibandingkan perbaikan ekspor membangkitkan sentimen negatif terhadap perlambatan ekonomi; IHSG melemah lebih dalam dari bursa lain di Asia kemarin. “Pasar keuangan dunia masih akan mengalami volatilitas tinggi menjelang pengumuman FOMC meeting lusa. Rupiah berpeluang tetap stabil hari ini,” demikian Riset Samuel Sekuritas Indonesia pagi ini.

About Safri Manurung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*