Home / Investasi / Sentimen Fed Beri Tekanan Pada Logam Mulia Sampai Hampir 3%

Sentimen Fed Beri Tekanan Pada Logam Mulia Sampai Hampir 3%

Harga emas Comex mengalami penurunan di penutupan perdagangan pada hari Kamis, 15 Desember 2016 atau Hari Jumat Pagi WIB.

Emas Comex untuk kontrak Bulan Februari pada perdagangan di Hari Kamis, seperti yang telah dikutip dari Bloomberg, ditutup dengan penurunan sebesar 2,91% atau setara dengan US$33,9 menuju US$1.129,8 / ounce.

Emas mengalami penurunan hampir menyentuh pada level 3% serta menetap pada level paling rendah sejak awal Bulan Februari seperti yang telah dikutip Antara.

Kenaikan dari suku bunga Fed Amerika Serikat (AS) serta potensi gerakan yang jauh lebih agresif pada tahun depan membuat dolar mengalami penguatan sehingga hal ini memberikan tekanan terhadap harga dari emas.

Fed meningkatkan suku bunga acuannya pada angka 25 basis poin menuju pada kisaran 0,50% hingga 0,75% dimana sebelumnya berada pada kisara 0,25% hingga 0,50%.

Suku bunga yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan biasanya membuat dolar menjadi jauh lebih kuat yang bisa memberi tekanan terhadap komoditas yang dipatok menggunakan mata uang itu, seperti halnya emas. Tidak hanya itu, beberapa aset yang tidak memberikan suku bunga contohnya emas, mulai kehilangan daya tarik mereka saat suku bunga tersebut mengalami peningkatan.

Bloomberg telah mengungkapkan jika di penutupan perdagangan pada Hari Kamis, indeks dolar Amerika Serikat (AS) mengalami kenaikan sebesar 1,24% menuju 103,02.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*