Home / Analisa Fundamental / Setelah Laporan Kabinet Office Jepang, Yen Telah Menguat

Setelah Laporan Kabinet Office Jepang, Yen Telah Menguat

Yen Jepang mengalami penguatan terhadap Dolar AS dalam sesi perdagangan hari Rabu (21/12/2016) siang ini. Penguatan tersebut terjadi akibat adanya laporan cabinet office Jepang yang telah mengumumkan penilaian ekonomi Jepang beberapa saat yang lalu. Sebagian laporan tersebut lebih menyoroti perihal pernyataan Gubernur Bank Sentral Jepang (BoJ), Haruniko Kuroda, setelah rapat kebijakan BoJ kemarin. Dalam pendapatnya, Haruniko Kuroda berpendapat bahwa ekonomi Negara Jepang pulih secara moderat. Akan tetapi masih tertunda untuk peningkatan sejumlah sectornya.

Selain itu, Cabinet Office Jepang juga memperbarui perkiraan tentang estimasi dalam belanja rumah tangga, sentiment bisnis dan ekspor. Yen telah mengalami kemorosotan sejak kemengan Donald Trump yang mengejutkan ekonomi dunia, yen anjlok lebih dari 10% terhadap greenback. Namun bagi sector ekspor Jepang kemenangan Trump ini berdampak baik.

Cabinet office Jepang ini juga menyatakan bila kenaikan profit dari perusahaan terlihat menemui titik jeda, meskipun dalam histori, profit tersebut masih tinggi. Namun saat ini dinalai yang mungkin mencemaskan adalah kenaikan investasi bisnis di Jepang yang melambat baru-baru ini.

Indeks harga konsumen (CPI) Negara Jepang masih Flat meskipun upaya tambahan dilakukan untuk mengembalikan kenaikan harga di Jepang. Oleh sebab itulah penurunan Yen dinilai justru membantu perekonian yang melaju menjelang tahun 2017 mendatang. Dari sisi Yen harga impor juga mengalami pelonjakan. USD/JPY diperdagangkan pada harga 117.598 mengalami penurunan dari harga 118.199 pada sesi pembukaan perdagangan hari ini, saat berita ini ditulis.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*