Home / Analisa Fundamental / Spot Emas Mengalami Penurunan 6,90 Poin Menuju US$ 1.192,20

Spot Emas Mengalami Penurunan 6,90 Poin Menuju US$ 1.192,20

Harga emas berjangka pada divisi COMEX New York Marcantile Exchange berkesudahan lebih tinggi di hari Kamis atau Jumat bagi WIB sebab dolar serta ekuitas AS (Amerika Serikat) mengalami pelemahan.

Kontrak emas teraktif untuk pengiriman Februari 2017 meningkat 0,27% atau 3,2 dolar Amerika Serikat menjadi menetap pada 1.199,80 dolar Amerika Serikat / ounce menurut warta kantor berita Xinhua. Volume dari perdagangan logam mulia cukup tinggi lantaran indeks dari dolar Amerika Serikat, yang menjadi pengukur nilai dolar pada beberapa mata uang utama mengalami penurunan 0,48% menuju ke level 101,24 pada jam 18.30 GMT.

Emas serta dolar biasanya bergerak dengan berlawanan, seandainya dolar turun maka emas berjangka akan mengalami kenaikan sebab emas yang diukur menggunakan dolar Amerika Serikat jadi lebih murah untuk para investor.

Pasar ekuitas Amerika Serikat juga memberi dukungan pada logam mulia, sebab Dow Jones Industrial Average Amerika Serikat mengalami penurunan 0,37% atau 73,07 di jam 18.30 GMT. Analis mencatat jika saat ekuitas membukukan sebuah kerugian, maka logam mulia akan cenderung meningkat sebab para investor mencari tempat yang lebih aman, sebaliknya seandainya ekuitas dari Amerika Serikat memperlihatkan keuntungan, maka logam mulia cenderung mengalami penurunan.

Akan tetapi, emas dicegah dari peningkatan lebih jauh saat laporan yang telah dirilis Kamis oleh Departemen Tenaga Kerja AS yang memperlihatkan pengangguran awal mengalami peningkatan 10.000 menuju level 247.000 di minggu yang selesai 7 Januari.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*