Home / Analisa Fundamental / Sterling Berpengaruh Melemah, Setelah CPI  Data Rilis

Sterling Berpengaruh Melemah, Setelah CPI  Data Rilis

Data CPI (Costumer Price Index) Inggris selama bulan Oktober yang di bawah perkiraan pasar melemahkan pound sterling di hadapan Greenback. Pair GBP/USD sekitar jam 17.17 WIB diperjualbelikan di harga 1,2430 atau menurun 0,48% dibandingkan penutupan perdagangan kemarin. Pair GBP/USD dua jam yang lalu diperdagangkan di level 1.2487.

Selama bulan Oktober CPI indeks Harga Konsumen mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya dan sekaligus telah gagal menjadi trend kenaikan harga. Data CPI yang baru saja diupdate menunjukkan angka sebesar 0.9% dan sedang bulan lalu data CPI sebesar +1,0%, pencapaian bulan Oktober ini dibawah prediksi pasar 1,1%, demikian data ONS.

Sementara terjadi infalasi inti mengalami penurunan ke +1,2% dibandingka bulan sama di tahun kemarin. Inflasi ini lebih rendah dibanding inflasi inti bulan September 1,5%, sebelumnya market memperkirakan inflansi inti mengalami kenaikan +1,4%.

Mekipun begitu ONS (Office for National Statistics)mengatakan angka di bulan Oktober masih lumayan. Kendati data bulan Oktober lebih rendah dari September, angka tersebut menunjukkan perbaikan sejak 2014 akhir. Pengaruh utama perubahan CPI data antara lain adalah harga pakian, dan pembiaya kuliah, yang mengalami kenaikan tipis dibandingkan tahun lalu, walupun harga mainan, tariff hotel dan juga minuman berkadar alkhohol mengalami penurunan.

Selain indek harga konsumen yang melemah, factor lainnya penguatan greenback menekan pergerakan GBP/USD. Hingga saat ini indeks Dollar Amerika masih bertengger di level 99.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*