Home / Analisa Fundamental / Sterling Bertahan Antisipasi Pidato PM May

Sterling Bertahan Antisipasi Pidato PM May

Pada sesi perdagangan hari ini Selasa (17/1/2017) pagi ini, Poundsterling masih belum berpindah dari level rendahnya terkait menjelang Pidato Theresa May Perdana Menteri Inggris tentang kelanjutan Brexit Inggris dari Kesatuan Uni Eropa.

GBP/USD terlihat bertahan dan dipergangkan pada harga 1.2069 tidak begitu jauh berpindah dari level rendah tiga bulan yang diperoleh pada awal pekan ini pada angka 1.1983. Sedangkan terhadap Euro Sterling telah mendekati level rendah sepuluh Minggu pada angka 88.53 pence/euro. EUR/GBP saat berita ini ditulis telah diperdagangkan pada harga 0.880, dan untuk pair GBP/JPY  telah menyentuh level rendah di angka 137.64, yang merupakan terendah semenjak 8 minggu.

PM Theresa May diprediksi sudah benar-benar bulat pada pendiriannya dan tidak setengah-setengah dalam keputusan hengkang dari Uni Eropa. Disamping itu, PM Inggris akan menerangkan ke 12 prioritas keluarnya Inggris dari blok single market tersebut. Satu diantara 12 priortas tersebut berupa poin yang menyebutkan keluarnya Inggris dari Single pasar demi memperoleh control penuh atas wilayah perbatasan-perbatasan Inggris tersebut. Namun para investor cemas terhadap kebijkan May tersebut, hal itu dikarenakan Ekspor Negara Inggris akan terganggu dan juga para invetor asing berpotensi eksodus dari Negara Inggris.

“banyaknya laporan perihal tujuan Theresa May dalam mendapatkan hak control penuh atas batas Negara dengan Pasar Uni Eropa, dan sehingga lebih ke arah pendekatan “HardBrexit”,jelas Ahli Strategi Senior, Shinchiro Kadota di Barclays.

Kadota juga menambahkan, “volatilitas Sterling akan naik dalam waktu yang dekat ini bahkan nanti pertengahan jangka panjang, mengingat tingginya ketidakpastian. Akan tetapi, tidak se-bearish pada prediksi umum terhadap sterling sebab valuasinya sudah anjlok (sangat murah) jika kita memperhatikan detail rate efektif yang riil.”

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*