Home / Ekonomi Bisnis / UMKM Yang Terdaftar Tax Amnesty Baru 2%

UMKM Yang Terdaftar Tax Amnesty Baru 2%

Ditjen (Direktorat Jendral) Pajak Kemenkeu (Kementerian Keuangan) menargetkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang sejauh ini belum patuh terhadap program pengampunan pajak atau tax amnesty untuk periode ke-2 dan ke-3. Pemerintah sudah memberi kemudahan tata cara untuk mendaftar UMKM, tidak hanya tarif tebusan yang sama sampai 31 Maret 2017 mendatang.

Hestu Yoga Saksama selaku Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat atau Humas Direktorat Jendrak Pajak mengatakan selama periode pertama yakni Juli hingga 31 September 2016, hanya 2% atau sekitar 422,39 ribu WP (Wajib Pajak) yang mengikuti program tax amnesty. Sedangkan total keseluruhan wajib pajak adalah 20,17 juta.

“Jadi jumlah itu masih sangat kecil, UMKM yang mengikuti tax amnesty, masih 2%nya. Kami jelas tidak puas, sehingga ini akan membuat kami terganggu. Kasihan yang masih belum mendaftar, dikhawatirkan ada beberapa yang terlupakan, makanya kami akan terus untuk melakukan sosialisasi.”terangnya, Kamis, 13 Oktober 2016 di Media Gathering, Hotel Atria, Malang.

Yoga berpendapat, target utama dari tax amnesty untuk periode kedua ialah UMKM serta WP besar yang masih belum terdaftar maupun belum melaporkan hartanya secara penuh, penunggakan pajak, Wajib Pajak baru, Wajib pajak yang memiliki harta di luar Indonesia, wajib pajak prominent serta profesi atau para pejabat daerah, artis, dokter, pemuka agama maupun pengacara.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*