Home / Harga Mata Uang Asing / USD/JPY Dalam Tekanan Oleh Kekhawatiran Terhadap Korea Utara

USD/JPY Dalam Tekanan Oleh Kekhawatiran Terhadap Korea Utara

Saling ancam antara Amerika Serikat dan Korea Utara membawa dampak buruk pada pasar. Pasar Saham Asia mengalami penurunan dan dengan safe-haven yen yang sangat diminati oleh para broker.

USD /JPY turun ke level terendah di 109,74, yang melawan kenaikan yang dipicu oleh laporan optimis  JOLTs kemarin. Dolar saat ini sepertinya berada di jalur pemilihan.

Pakar militer Amerika Serikat mengatakan bahwa Korea Utara sedang berupaya untuk membuat hulu ledak nuklirnya lebih kecil. Bersama dengan uji coba rudal jarak jauh terbaru mereka yang diklaim mampu mencapai daratan Amerika Serikat, kekhawatiran semakin meningkat.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa agresi Korea Utara “ akan disambut dengan api, kemarahan, keyakinan, dan kekuatan, sesuatu hal yang tidak pernah terlihat di dunia ini sebelumnya.”

Hal tersebut muncul setelah adanya laporan bahwa Korea Utara akan mencoba melakukan serangan ke wilayah kepulauan Guam. Belum ada tindak lanjut mengenai hal-hal yang luar biasa tersebut.

Secara keseluruhan, tingkat retorika semakin tinggi dan pasar merasa khawatir. Swiss Franc juga merupakan salah satu mata uang yang mengalami dampak dari kekhawatiran tersebut.

Jepang sendiri langsung terkena dampak dari Korea Utara. Rudal dari negara yang keras kepala tersebut mampu mencapai Tokyo dengan mudah. Reaksi mata uang yang “normal” akan menjadi pelemah bagi Yen yang berada dalam bahaya. Namun, yen sendiri bukan merupakan mata uang yang normal, ini merupakan mata uang safe-haven yang mengalami kenaikan pada saat terjadi masalah.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor onlineforexeducation.com, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*